INFORMASI LAPORAN PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN DAERAH
AKHIR MASA JABATAN BUPATI SIDOARJOTAHUN 2005 - 2010
 
Informasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Akhir Masa
Jabatan Bupati Sidoarjo Tahun 2005 - 2010 (ILPPD AMJ) disusun oleh
Pemerintah Kabupaten Sidoarjo sebagai wujud dari keinginan yang kuat dari
pemimpin daerah untuk memberikan informasi kepada masyarakat atas
performansi organisasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo.
Performansi yang dilaporkan meliputi penyelenggaraan urusan desentralisasi,
tugas pembantuan dan tugas umum pemerintahan.
Penyusunan ILPPD AMJ berdasarkan Peraturan pemerintah Nomor 3
tahun 2007 tentang Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Kepada
Pemerintah, Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Kepala Daerah Kepada
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, Dan Informasi Laporan Penyelenggaraan
Pemerintahan Daerah Kepada Masyarakat, Bab IV, Pasal 27 yang menjelaskan
bahwa kepala daerah wajib memberikan informasi LPPD kepada masyarakat
melalui media cetak dan/ atau media elektronik. Informasi LPPD AMJ kepada
masyarakat disampaikan bersamaan dengan penyampaian LPPD AMJ kepada
Pemerintah. Muatan informasi LPPD AMJ merupakan ringkasan LPPD AMJ.
Oleh karena itu kami sampaikan ringkasan LPPD AMJ yang disampaikan kepada
pemerintah sebagai berikut :
A. Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah
Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah sebagai landasan kerja
Pemerintah Kabupaten Sidoarjo selama lima tahun telah disusun dan
merupakan penjabaran dari visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati terpilih. Visi
1 - 62
 
Pemerintah Kabupaten Sidoarjo untuk tahun 2006 - 2010 sesuai dengan
Perda Nomor 6 Tahun 2006 tentang Rencana Pembangunan Jangka
Menengah Daerah Kabupaten Sidoarjo Tahun 2006 - 2010 adalah Sidoarjo
Berkembang Menjadi Kawasan Jasa, Perdagangan, Industri Dan Sentra
Agrobisnis Berbasis Kerakyatan Dengan Mengedepankan Pemenuhan
Hak Sosial Dasar.
Visi ini dijabarkan ke dalam misi Kabupaten Sidoarjo sebagai berikut::
1.Meningkatkan kualitas sumberdaya manusia untuk mewujudkan
masyarakat yang memiliki daya saing dalam menghadapi tantangan
global.
2.Menanggulangi kemiskinan secara terpadu melalui pendekatan
pemberdayaan masyarakat.
3.Meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan yang
berwawasan lingkungan dan berkeadilan gender.
4.Mewujudkan pemerintahan yang berkualitas, bebas dari KKN, dan
profesional dalam kerangka good governance.
5.Menegakkan supremasi hukum, menciptakan sistem keamanan dan
ketertiban lingkungan dan menanggulangi bencana.
6.Meningkatkan peluang investasi dan usaha berbasis potensi
perekonomian rakyat yang berdampak peningkatan ekonomi masyarakat
pada Pendapatan Asli Daerah.
7.Meningkatkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Pertanian guna
mewujudkan sentra agrobisnis terpadu.
8.Mewujudkan pembangunan infrastruktur yang proporsional, berwawasan
lingkungan,dan berkelanjutan
B. Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan Daerah
Pemerintah Kabupaten Sidoarjo menyelengarakan 31 urusan pemerintahan
yang terdiri dari 26 urusan wajib dan 5 urusan pilihan. Penyelenggaraan
2 - 62
Informasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Akhir Masa Jabatan (ILPPD AMJ)
Bupati Sidoarjo Tahun 2005 - 2010